Rabu, 08 April 2020

Amalan dan Doa Malam Nisfu Syaban yang Dibaca Ustad Abdul Somad

Amalan dan Doa Malam Nisfu Syaban yang Dibaca Ustad Abdul Somad
Dianjurkan membaca Surat Yasin sebanyak 3 Kali
Dream - Malam Nisfu Syaban merupakan saat yang istimewa. Malam ini selalu diramaikan oleh umat Islam dengan amalan-amalan shaleh.
Ada banyak bentuk amalan yang dijalankan para ulama sejak dulu untuk mengisi malam Nisfu Syaban. Semua diniatkan untuk meraih keutamannya.
Ustad Abdul Somad pun membagikan amalan terbaik untuk mengisi malam Nisfu Syaban di Instagramnya, @ustadabdulsomad. Dia mengutip kitab Syadzarat fi Fadlail Lailatin Nusfi min Syaban karya Syeikh Syaikh Hasanain Muhammad Maftuh yang merupakan Mufti Mesir.

Ini Amalannya

Dalam video tersebut, Ustaz Abdul Somad mengatakan amalan yang dianjurkan di malam Nisfu Syaban adalah membaca surat Yasin sebanyak tiga kali. Masing-masing dibaca dengan niat yang berbeda.
" Yang pertama dengan niat panjang umur. Yang kedua dengan niat menolak bala. Yang ketiga berniat supaya tidak berhajat, tidak bertumpu, tidak berharap kepada manusia, hanya berharap kepada Allah," kata Ustad Somad.
Setiap kali selesai baca Surat Yasin, kata Ustaz Somad, diisi dengan doa. Tidak harus dalam Bahasa Arab.
" Bahasa Indonesia saja," kata dia.
Amalan tersebut dijalankan pada awal tanggal 15 Syaban. Pada tahun ini, Nisfu Syaban jatuh pada Rabu malam, 8 April 2020.

Simak Selengkapnya di Video Ini

Amalan Malam Nisfu Syaban yang Akan Dikabulkan Allah SWT

Dream - Tepat pada Maghrib ini, kita masuk tanggal 15 Syaban. Malam ini akrab dikenal dengan malam Nisfu Syaban.
Malam ini merupakan momen istimewa. Sebab, Allah menurunkan rahmatNya dan mengampuni dosa semua hamba-Nya.
Karena begitu istimewanya malam Nisfu Sya'ban, kita dianjurkan untuk meraih keutamaannya. Sejak dulu, para ulama selalu memeriahkan malam ini dengan memperbanyak amalan sholeh.
Sayyid Muhammad bin 'Alawi Al Maliki dalam kitabnya Ma Dza fi Sya'ban menjelaskan Allah akan mengampuni dosa mereka yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih-Nya, menjawab doa, melepaskan orang dari penderitaan serta menjauhkan hambaNya dari siksa neraka.
Ada sejumlah amalan yang dianjurkan dikerjakan di malam Nisfu Syaban. Kita bisa melakukannya di mana pun dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Amalan pertama yaitu memperbanyak doa. Malam Nisfu Syaban adalah waktu yang tepat untuk memanjatkan doa, memohon kebaikan apapun dalam hidup.
Dasar dari amalan ini adalah hadis riwayat Al Baihaqi dari Abu Bakar RA.
Rasulullah Muhammad SAW bersabda, " (Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan)."
Amalan kedua yaitu memperbanyak membaca syahadat dan zikir. Syahadat adalah kalimat mulia yang bisa dibaca kapanpun terutama di malam ini.
Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan ini dalam kitabnya.
" Seyogyanya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Sya’ban dan malam pertengahannya."

Perbanyak Istighfar

Amalan ketiga adalah memperbanyak istighfar. Lafal istighfar berisi kalimat untuk senantiasa ingat Allah dan memohon ampun kepada-Nya.
Setiap manusia pasti punya dosa. Kendati demikian, Allah Maha Pengampun dan senantiasa membukakan pintu ampunan kepada hamba-Nya.
" Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."
Amalan yang dianjurkan lainnya yaitu bisa dengan memperbanyak sholat malam. Tata caranya seperti sholat malam pada umumnya dengan dua rakaat satu salam.
Tetapi, pada sholat sunah di malam Nisfu Syaban, bacaan surat setelah Al Fatihah diutamakan dengan Al Ikhlas.
Selain itu, bisa juga mengisi malam Nisfu Syaban dengan memperbanyak membaca Alquran. Terutama Surat Yasin.
Sumber: Islami.co

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Amalan dan Doa Malam Nisfu Syaban yang Dibaca Ustad Abdul Somad

0 Comments:

Posting Komentar